Sabtu, 10 Desember 2011

SMK 6 Palembang

PALEMBANG (Pos Kota) – SMK Negeri 6 Palembang, Sumatera Selatan, melahirkan siswa yang profesional dan bertaraf internasional. Sekolah Menegah Kejuruan yang didirikan 9 Desember 1976 ini dietapkan oleh Kemendiknas menjadi sekolah bertaraf internasional (BSI) berkat alumninya yang berkwalitas. Tidak itu saja, SMK 6 Palembang juga mendidik keterampilan untuk masyarakat yang lulusan SLTA.
“Kami juga mendididik anak-anak SMU dan SMEA untuk dilatih Boga dan Perhotelan, selama tahun. Kursus dan pelatihan ini sudah berjalan selama 6 tahun. Lulusan dari kursus dan pelatihan SMK 6 Palembang kami berikan kerja,”kata Kepala Sekolah SMK Negeri 6 Palembang, Hj.Natika MM kepada Pos Kota saat ditemui di kantonya Jl. Mayor Ruslan Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (17/12).
SMK6 Palembang sudah melakukan MoU dengan 100 perusahan di Indonesia dan kerjasamaa dengan Malaysia, Singapore dan Belanda dalam bidang perhotelan . Kenyataan itu membuat SMK 6 Palembang menjadi sekolah bergengsi karena mampu menyalurkan murid-muridnya untuk berkerja di dalam dan luar negeri.
“SMK 6 Palembang menjadi salah satu sekolah tempat uji coba pelatihan masyarakat dengan memberikan pendidikan perhotelan bagi pelajar SMU yang masih menganggur dengan memanfaatkan dana bantuan dalam dan luar ngeri,” kata Natika.
Menurut Natika pada awal pendidikan kursus dan pelatihan buat masyarakat tidak dipungut bayaran, namun sejak 3 tahun belakangan setiap siswa dikenakan biaya Rp2,5 juta per tahun.
“Kami tidak bisa lagi memberikan gratis sebab sudah tidak ada lagi bantuan dari pemerintah. Meski begitu, lulusan kursus dan pelatihan masyarakat oleh SMK Negeri 6 Palembang siap pakai dan langsung diberikan perkerjaan. Sebab,SMKNegeri 6 Palembang sudah punya bursa kerja,” terang Nantika.
Materi pelajaran unggulan SMK Negeri 6 Palembang antara lain Jasa Boga, Akomodasi Perhotelan, Tata Busana dan Tata Kecantikan. Prestasi lainnya SMK Negeri 6 Palembang, bersama-sama dengan SMK Negeri 2 Palembang mewakili Propinsi Sumatera Selatan sebagai peserta lomba Toyota Eco Youth 5 bertempat di Eco Product International Fair 2010 Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta. (rizal/B)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar